TIPE SISIK IKAN

                                                            TIPE SISIK IKAN
Dalam bagian ini kita akan membahas tentang morfologi khas pada ikan. Morfologi ikan yang khas ada pada bentuk tubuh ikan dan tipe sisi ikan. Tipe sisik ikan terdiri atas sebagai berikut :
1.PLACOID
     Sisik tipe ini dijumpai pada ikan Chondrichthyes seperti ikan hiu dan pari. Sisik ini sering disebut “dermal denticle” meskipun secara harfiah artinya kurang sesuai dengan maksudnya. Hal ini dikarenakan pengertian tersebut lebih sesuai jika digunakan pada gigi mamalia. Sisik plakoid sendiri berbentuk segitiga yang bagian basalnya mendatar dan menempel pada lapisan dermis serta ujung yang menonjol menghadap ke arah posterior.
     Pada lapisan terluar sisik plakoid memiliki susunan enamel keras seperti vitrodentine yang merupakan komponen nonselular yang berasal dari derivat lapisan ektoderm yang kandungan organiknya rendah. Adapun pada bagian ujung dari sisik terdapat rongga yang penuh dengan pembuluh darah kapiler. Struktur inilah yang mirip seperti pada gigi mamalia sehingga sisik plakoid dikatakan sebagai “dermal denticle”. Pada saat pertumbuhan sisik tidak mengalami penambahan ukuran, namun sebagai gantinya sisik baru akan menggantikan sisik yang lama. Pada gigi elasmobranchi diyakini sebagai derivat dari plakoid dan memiliki homologi dengan struktur gigi pada semua vertebrata. Contoh dari hewan yang mempunyai sisik tipe ini adalah ikan hiu dan ikan pari.
                       
Gambar sisik placoid (sisi dorsal dan sisi ventral)
2.GANOID
      Ganoid : berbentuk belah ketupat di tengah Jenis sisik ini dimiliki oleh ikan-ikan Lepidosteus (Holostei) dan Scaphyrynchus (Chondrostei). Sisik ini terdiri dari beberapa lapisan yakni lapisan terluar disebut ganoine yang materialnya berupa garam-garam an-organik, kemudian lapisan berikutnya dalah cosmine, dan lapisan yang paling dalam adalah isopedine. Pertumbuhan sisik ini dari bagian bawah dan bagian atas. Ikan bersisik type ini adalah antara lain, Polypterus, Lepisostidae, Acipenceridae dan Polyodontidae. Tipe sisik ikan terdapat pada ikan purba dan umumnya sudah punah.

3.CTENOID
     Pada bagian posterior sisik ctenoid dilengkapi dengan ctenii (gerigi kecil). Sisik ini ditemukan pada golongan ikan teleostei, Pertumbuhan pada tipe sisik ini adalah bagian atas dan bawah, tidak mengandung dentine atau enamel dan kepipihannya sudah tereduksi menjadi lebih tipis, fleksibel dan transparan. Penempelannya secara tertanam ke dalam sebuah kantung kecil di dalam dermis dengan susunan seperti genting yang dapat mengurangi gesekan dengan air sehingga dapat berenang lebih cepat. Contoh ikan mola-mola.

Gambar bentuk sisik ctenoid


Gambar Ikan mola-mola (sunfish)


4.CYCLOID
     Cycloid : pertumbuhan berlangsung dengan membentuk lingkaran tambahan yang konsentris. Sisik ini ditemukan pada golongan ikan teleostei, tidak di lengkapi dengan gerigi kecil pada sisik. Pertumbuhan pada tipe sisik ini adalah bagian atas dan bawah, tidak mengandung dentine atau enamel dan kepipihannya sudah tereduksi menjadi lebih tipis, fleksibel dan transparan. Contoh ikan dengan tipe sisik cycloid adalah ikan salmon, ikan mas.
Sisik sikloid
5. COSMOID
            Cosmoid adalah tipe yang sulit ditemukan, dan pada umumnya pada ikan yang sudah punah dan primitf. Salah satu ikan dipnoi dan Crossopterigy adalah adalah salah satu jenis ikan yang memiliki tipe sisik ini. Lapisan sisik ikan ini terdiri dari Vitrodentine (dilapisi semacam enamel), cosmine (nonseluler dan lapisan terkuat) dan isopedine (materialnya terdiri dari substansi tulang). Ikan ini memiliki sisik pada lapisan bawah. Contoh ikan Latimeria chelumnae.
Gambar tipe sisik cosmoid



Tipe tipe sisik

Baca juga tipe mulut ikan berdasarkan letaknya.

Comments

Popular posts from this blog

Laporan Sel Darah Merah Manusia dan Katak

Tipe Paruh Burung Berdasarkan Fungsinya beserta contohnya

Metode Penelitian Tingkah Laku Hewan