Tipe Mulut Ikan Berdasarkan Letaknya dan contohnya



TIPE MULUT IKAN

                    

Mulut ikan terdiri dari berbagai jenis dan bentuk yang menunjang untuk dalam mencari makan. Tipe mulut pada ikan menetukan apa makanannya dan bagaimana mendapatkannya.
Mulut ikan berdasarkan letaknya di bagi atas 4 yaitu :

    1. Mulut terminal 
Mulut mengarah lurus ke depan dan mulut ini merupakan tipe mulut yang paling umum. Mulut ikan ini terletak di tengah dari kepala dan mengarah ke depan. Mulut dengan tipe terminal mencari makan di tengah perairan dan bisa juga mengambil makanan di berbagai lokasi. Spesies ini biasanya omnivora, memakan segalanya. Ikan superklass oesteichthyes (ikan bertulang) umumnya memiliki tipe mulut terminal. Contoh ikan mas, gurami.
                        
Gambar ikan bandeng
                                  

    2. Subterminal
Mulut ikan terletak di tengah kepala. Mulut ini mengarah ke bawah.  Kedua rahang atas dan rahang bawah memiliki ukuran yang sama. Ikan dengan mulut inferior biasanya mencari makan di dasar perairan. Contoh ikan setuhuk putih, ikan hiu.
                           
Gambar ikan setuhuk putih

    3. Superior 
Mulut ikan terletak di ujung bagian atas.  Mulut ini mengarah keatas, dengan mulut digambarkan terbalik. Tipe mulut ikan ini mempuntai rahang bawah lebih pendek daripada rahang atas. Biasanya tipe ikan ini mencari makan di daerah permukaan air. Mereka mengendap-endap dan menunggu mangsa muncul diatas mereka kemudian menangkap dengan tiba-tiba. 

Ikan dengan tipe superior adalah ikan yang umumnya memakan serangga. Beberapa memangsa ikan lainnya yang berada dekat permukaan. Contoh ikan dengan tipe mulut superior adalah ikan julung-julung. 
                                    
Gambar ikan ulung-ulung

                             
    4. Inferior
Mulut ikan terletak di bawah kepala. Mulut tipe ini mengarah ke bawah. Rahang bawah lebih pendek daripada leher atas.  Ikan dengan mulut inferior biasanya mengambil makanan di dasar perairan. Banyak dari anggota famili catfish memiliki tipe mulut ikan seperti ini. Contoh ikan lele.
                                    
Gambar ikan lele
 


Comments

Popular posts from this blog

Laporan Sel Darah Merah Manusia dan Katak

Tipe Paruh Burung Berdasarkan Fungsinya beserta contohnya

Metode Penelitian Tingkah Laku Hewan