bentuk tubuh ikan berdasarkan letaknya dan contohnya

                                     
BENTUK TUBUH IKAN

Bentuk tubuh ikan dibagi atas 2 yaitu simetris dan asimetris. Bentuk tubuh yang bervariasi ini diakibatkan  penyesesuaian diri ikan terhadap lingkungan. Ikan yang bergerak cepat umumnya memiliki tubuh bentuk torpedo, bentuk tubuh ini membantu mereka bergerak di air. Ikan yang hidup di beraliaran atau sungai atau dasar umumnya memiliki tubuh yang rata panjang. 

Bentuk tubuh ikan dibagi atas dua yaitu simetris bilateral dan asimetris bilateral. Simetris bilateral adalah ketika dibelah dua menghasil bentuk yang sama. Sedangkan asimetris ketika dibelah tidak menghasikan bentuk yang sama. Berikut daftar bentuk tubuh ikan adalah sebagai berikut :

A. Ikan Asimetris
Ketika dipotong melintang ikan ini mengahasilkan sisi kanan dan kiri yang berbeda. Contoh ikan ini adalah kuda laut, dragonfish dan longhorn.
Gambar Bentuk Asimetris Pada Ikan Kuda Laut


B. Ikan Simetris Bilateral
Ikan ini adalah bentuk tubuh ikan yang umum. Ikan jika dibelah akan menghasilkan  bentuk yang sama sisi kanan dan kirinya. Ikan ini terdiri dari berbagai bentuk yaitu sebagai berikut :

1. Fusiform

Dengan ciri bentuk tubuh ramping, potongan dan bentuk badan elips,bentuk ekor sempit,sering disebut dengan bentuk topedo dan memiliki sirip ekor yang bercabang.  Bentuk tubuh ini memungkinkan bergerak cepat dan umumnya ikan yang mempunyai bentuk tubuh ini terdapat di laut terbuka. Contoh ikan tuna, ikan hiu, Caesio teres, ikan tongkol, Gadus morhua dan ikan kembung, ikan hiu dan ikan gabus.,
                 
Bentuk tubuh Fusiform (ikan tuna)
2. Comfresiform
Bentuk tubuh ini ideal untuk berenang di atas terumbu karang, sekitar tumbuhan air, dan tempat berlubang. Bentuk tubuh ini cocok untuk melarikan diri dari mangsa dan mencari makan dan dapat berenang dengan menyembur dengan  cepat Contoh Ikan bandeng Ikan Mas (Ciprinus carpio), ikan mujair, ikan bidadari (Pygoplites diachantus), ikan bawal.
                 
Gambar bentuk tubuh compresiform (Ikan mas)
3. Depressiform
Bentu tubuhnya mempunyai lebar lebih besar lebar daripada panjang. Ikan ini biasanya predator atau scavenger untuk organisme bentik. Untuk  berenang dalam air, mereka menggerakkan sirip mereka naik turun mirip seperti burung mengepakkan sayapnya Contoh ikan pari, toadfish. goshfish, dan angelshark
                         
Gambar Bentuk tubuh Depresiform (ikan pari)
4. Anguiliform
Bentuk tubuh sangat panjang dan bulat. Mereka memiliki sirip dorsal dan anal yang panjang Contoh belut dan Anguila anguilla.
                                   
Gambar bentuk tubuh anguilifiorm (belut)
5. Liliform
Bentuk tubuh panjang seperti benang dan tipis. Bentuk tubuh ini cocok bergerak keluar masuk ruang sempit, terumbu karang dan daerah berbatu dan daerah banyak tumbuhan laut. Contoh Ikan snipe eell, Syngnathus cariibbaeus, Aulostomus chinensis.

           

Gambar bentuk tubuh liliform (ikan snipe eel)

6. Taeniform
Bentuk tubuh ikan pipih dan melebar pada bagian badan sampai ekor. Ikan jenis ini tidak dapat berenang dengan cepat dan bentuk tubuhnya digunakan untuk berenang di celah. Contoh ikan gunnel, oarfish, outlassfish.
                                             
Gambar bentuk tubuh pipih (Ikan gunnel)
7. Saegitiform
Bentuknya seperti tombak. Ikan hanya dapat berenang cepat dalam semburan yang singkat. Contohnya ikan pike dari family Esocidae, baracuda, ikan pickerel.
                                                 
Gambar bentuk tubuh saegitiform (ikan pike)

8. Globioform
Bentuknya bulat seperti bola. Ikan in berenang sangat lambat. Ikan ini memiliki modifikasi pada sirip sehingga ikan dapat berjalan melalui dasar dan lingkungannya. Karena gerakannya yang lambat ikan memiliki pertahanan seperti racun, duri, dan kamuflase yang hebat agar terhindar dari mangsa.  Contohnya ikan Buntal, ikan lumpfish.
Gambar bentuk Globioform (ikan buntal)

                             






                                     

                          

Comments

Popular posts from this blog

Laporan Sel Darah Merah Manusia dan Katak

Tipe Paruh Burung Berdasarkan Fungsinya beserta contohnya

Metode Penelitian Tingkah Laku Hewan