Mengenal kerabat buaya dan perbedaannya

Perbedaan Buaya dan Aligator, Caiman dan Gavial

1. Buaya 
Buaya memiliki tubuh yang besar dari yang lainnya. Distribusi buaya terdapat di Asia, Afrika dan Amerika. Buaya memiliki moncong berbentuk huruf V. Buaya dapat hidup di habitat dengan salinitas yang tinggi. Ketika buaya menutup mulutnya, giginya tampak mencuat keluar.

Gambar 1 Buaya

2. Aligator
Aligator memliki ukuran tubuh yang lebih kevil daripada buaya. Warna tubuh nya umumnya gelap. Aligator memiliki moncong berbentuk huruf U. Ketika aligator menutup mulutnya giginya tidak nampak mencuat. Gigi pada Aliagator berbentuk kerucut dan dalam mulutnya bewarna krim. Aligator hidup di habitat air tawar dan distribusinya di daerah Amerika Utara dan China. Ada dua spesies aligator yang ada di bumi yaitu aligator amerika dan aligator cina.

Gambar 2 Aligator

3. Caiman
Caiman memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan aligator, akan tetapi umumnya ukurannya lebih kecil. Mata pada caiman lebih besar daripada aligator dan terletak lebih tinggi pada kepalanya. Gigi pada caiman kelihatan lebih tajam. Distribusi Caiman terdapat di Amerika Tengah, Amerika Selatan seperti Brazil, Mexico, Panama.

Gambar 3 Caiman

4. Gavial 
Gavial memiliki moncong berbentuk huruf I, ukuran tubuhnya umum kecil. Dia dapat hidup di daerah asin. Persebarannya terdapat di daerah Asia.

Gambar 4 Gavial


Comments

Popular posts from this blog

Laporan Sel Darah Merah Manusia dan Katak

Tipe Paruh Burung Berdasarkan Fungsinya beserta contohnya

Metode Penelitian Tingkah Laku Hewan