Pengertian dan Cakupan Biologi Laut

Pengertian dan Cakupan Biologi Laut

Biologi laut adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan di laut. Kenapa pengetahuan tentang biologi laut sangat penting untuk dikaji ? Khususnya bagi bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia dikenal sebagai pelaut dengan motonya "Jales Viva Jaya Mahe" (dilaut kita jaya). Hampir 60 % populasi masyarakat indonesia tinggal di pesisir laut. Pada bumi ini, laut memliki 2/3 bagian dari bumi. Kehidupan  lautan merupakan komponen utama pendukung kehidupan di planet bumi. Oleh karena itu kehidpan laut ini bisa dijadikan komponen utama sumber makanan, obat-obatan, senergi dan kepentingan pendiidkan kehidupan manusia lainnya.

Bentuk kehidupan lingkungan laut sangat berbeda dengan daeratan. Hanya sebagian tipis perrmukaan laut dapa yang mendapat cahaya umumnya sampai kedalaman 100 meter. Sbagian besar lautan berada dalam kegelapan yang menyimpan berbagai macam variasi kehidupan yang bekyn dapat dieksplorasi. Kemunginan lainnya di kawasaan intertidal ,  organisme harus beradaptasi terhadap lingkungan yang sangat ekstrim terhadap perubahan cahaya, Mereka harus menyesuaikan dengan pasang surut perairan dan gerakan-gerakan gelombang. Di kolom air organisme harus mampu beradaptasi melawan pengaruh gravitasi .

Cakupan Biologi Laut

Biologi laut sesungguhnya bukan ilmu yang tersendiri tetapi lebih kepada ilmu biologi umum yang diterapkan pada laut . Hampir semua disiplin Biologi digunakan/diteapkan dalam biologi laut. Sebagai contoh ada beberapa ahli biologi laut yang mempelajari tentang kimia dasar pada makhluk hidup. Sebagian tertarik mempelajari tanaman dan hean sebagai organisme yang utuh, meliputi tingkah laku, habitat dan sebagainya. Ahli biologi laut yang lain mengambil atau memilih gambaran gambaran umum untuk memandang seluruh fungsi samudera sebagai sistem. Jadi, biologi laut adalah bagian dari ilmu  yang lebih luas dan berbentuk dari sudut pandang yang berbeda.

Keahlian biologi laut mungkin akan tumpang tindih secara luas dengan para ahli biologi yang mempelajari organisme darat. Sebagai contoh, cara pemanfaatan pada organisme darat memiliki kesamaan dengan organisme laut. Meskipun demikian, biologi laut memiliki nuansa tersendiri khususnya kalau dilihat dari sejarahnya.

Comments

Popular posts from this blog

Laporan Sel Darah Merah Manusia dan Katak

Tipe Paruh Burung Berdasarkan Fungsinya beserta contohnya

Metode Penelitian Tingkah Laku Hewan