Ordo Magnoliales



MAGNOLIALES

Magnoliales adalah ordo dari tumbuhan berbunga. Ordo ini terdiri dari 6 famili, 154 genera dan sekitar 3.000 spesies. Anggota dari Magnoliales adalah herba berkayu, memanjat, dan pohon. Bersama Laurales, Piperales dan Canellales membentuk cabang Magnolida.

Gambar Magnolia frasera

Distribusi dan Penyebaran

Magnoliales hidup di daerah tropis dan  banyak ditemukan di hutan hijau yang dataran rendah di Asia Africa. 

Klasifikasi Magnoliales

Famili Magnoliales adalah Annonaceae, Myristiceae, Magnoliaceae, Degerineriaceae, Eupomatiaceae dan Himantandraceae.

1.Annonaceae

Annonaceae terdiri dari 130 genera dan 2.220 spesies. Anggota dari Annonaceae tumbuh di sepanjang daerah tropis. Mereka tumbuh hidup di hutan hijau Asia Afrika. Genus Guatteria terdiri dari 250 spesies,Vivaria terdiri dari 175 spesies, Xylopia terdiri dari 150 spesies, Polyathia terdiri dari 100 spesies dan Annona terdiri dari 100 spesies adan Annona terdiri dari 120 spesies. Asimina terdiri dari 8 spesies yang terdapat di barat.

2.Myristicaceae 

Myristicaceae adalah tanaman tropis yang terdapat di Amerika tengah, di Amerika selatan, Afrika tengah, Asia (termasuk India, Jepang, Indonesia dan Filipina),  Nugini dan Queensland barat Australia. Genus terbesar adalah Myristica (termasuk M Fragrans, sumber dari pala) mempunyai 175 spesies).

3.Magnoliaceae

Magnoliceae terdiri dari genus Magnolia yang terdapat 225 spesies dan Liriodendron (2 spesies). Liriodendron atau tulip mempunyai 1 spesies di Cina dan satu di Timur Amerika Serikat.

4.Degeneriaceae 

Degeneriaceae terdiri dari satu genus di Fiji. Degeneria vitiensis, sesuai dengan nama ditemukan di Viti Levu pulau terbesar di Kepulauan Fiji.

5. Eupomatiaceae terdiri dari satu genus, yaitu Eupomatia dengan 2 spesies. Eupomatia laurina adalah umumnya terdapat di hutan hujan di New Guinea dan Australia dari Australia Selatan sampai  pantai timur dan jauh ke Quensland. Spesies lainnya Eupomatia benneti, adalah yang biasa dan terbatas di Australia.

6.Himantandracea dilengkapi dengan satu genus, Galbulimima juga dikenal sebagai Himantandra ditemukan di pulau Molucca di Indonesia, Malaysia, Nugini dan Timur laut Australia


Galbulima baccata 
 

Manfaat

Famili Annoceae dimanfaat untuk produk kayu. Oxandra lanceolata dimanfaatkan sebagai kayu untuk produk mebel rumah tangga.


Comments

Popular posts from this blog

Laporan Sel Darah Merah Manusia dan Katak

Tipe Paruh Burung Berdasarkan Fungsinya beserta contohnya

Metode Penelitian Tingkah Laku Hewan