Misteri Venus Kucing Berwajah Dua yang disebut Chimera ?

Misteri Venus Kucing Berwajah Dua yang disebut Chimera ? 

                               


Morfologi Kucing Venus 

Kucing Venus adalah kucing yang memiliki dua warna yang berbeda pada wajahnya yaitu warna hitam dan putih. Venus juga nemiliki dua mata yang berbeda. Kondisi membuat mirip dengan musuh Batman yatu Two Face. 

Penjelasan Warna yang Berbeda 

Kenapa bisa begitu? Salah satu kemungkinannya adalah bahwa dia adalah chimera. Chimera adalah salah satu tubuh terdiri dari dua genetik yang berbeda. Menurut Leslie Lion Profesor dari California menjelaskan bahwa keadaan chimera pada kucing jantan tortoise adalah biasa. Warna hitam dan oranye disebabkan oleh dua kromosom X. Keadaan ini disebut juga sindrom Klinefelter pada kucing jantan tortoise karena kromosom seks nya menjadi XXY. Sedangkan pada betina memiliki kromosom XX dua, Jadi venus adalah bukan kucing chimera. 

Untuk membuktikannya kita dapat melakukan tes DNA pada salah satu bagian wajah dengan bagian wajah lainnya. Kita bisa lakukan DNA sidik jari seperti CSI dan DNA dari bagian tubuhnya yang berbeda daripada yang lain.

Pertanyaan pertama yang ada di benak kita adalah kenapa warna kucing bisa berbeda-beda tempat pada tubuh kucing. Jawabannya adalah bahwa gen warna pada kucing tersebut bersifat random/acak pada tubuh kucing. Artinya gen yang bersifat dominan atau yang ada pada tubuh tersebut akan bekerja pada bagian tubuh kucing yang terdapat gen tersebut. 

Salah satu teori mengenai kucing Venus memiliki 2 warna pada wajahnya mengatakan bahwa kemungkinan pada awalnya, gen warna hitam bekerja di salah satu sisi wajah kucing venus, dan gen oranye di salah satu wajah lainnya. Dalam proses perkembangan, dua bagian bertemu tepat ditengah menghasilkan kucing yang punya dua wajah, ujar Leslie Lyon. 

Bagaimana dengan keadaan mata yang berbeda pada Venus Si Kucing 

Kucing dengan berwarna berbeda (Odd eye) adalah hetecromatia. Warna biru pada mata biasanya pada kucing Siamese atau kucing lain dengan banyak warna putih. Venus hanya memiliki warna corak putih pada dadanya, Ini adalah misteri yang belum terselesaikan.



Comments

Popular posts from this blog

Laporan Sel Darah Merah Manusia dan Katak

Tipe Paruh Burung Berdasarkan Fungsinya beserta contohnya

Metode Penelitian Tingkah Laku Hewan