inhibitor gen pada kucing



GEN INHIBITOR PADA KUCING

Gen inhibitor adalah gen yang bertanggung jawab pada dasar rambut yang memberikan warna perak pada kucing. Gen ini adalah gen dominan. Keturunan akan menerimanya gen ini dari orang tua jika salah satu atau keduanya jika mempunyai gen ini. Inhibitor gen mempunyai mempunyai efek yang besar terhadap pigmen phaeomelanin daripada pigmen eumelanin. Gen Inhibitor mengurangi pigmen phaeomelanin pada rambut kucing.

I adalah sebuah gen dominan yang menekan perkembangan pigmen di rambut, khasnya memproduksi rambut yang penuh dengan warna hanya pada ujung dan warna perak pada dasar. Ini mempunyai efek yang besar terhadap pigmen warna terang pada kucng, membuang warna kuning dan menggantinya dengan warna putih atau silver. Pada kasus ini kucing non agouti inhibitor memindahkan warna dari dasar dari batang untuk memproduksi warna putih silver dengan warna pada puncak contoh Smoke. Alel ini muncul ketika berinteraksi dengan gen lain untuk memproduksi variasi pada ujung, mulai dari ujung gelap silver tabby ke terang ujung silver shaded tabby.

Silver vs smoke

Agouti cat + inhibitor gene = silver

Non agouti cat + inhibitor gen = smoke

Warna rambut pada kucing

Genotip

keterangan

Smoke

Aa I-

Untuk I- itu bisa keduanya

II (Silver homozigot) Ii (silver heterozigot)

Silver shaded

A-I-

Ini ditambahi dengan gen tabby, untuk A- kamu bisa AA atau Aa, untuk I bisa II dan Ii. Catatan bahwa silver dan shaded dan shell memiliki kode genetic yang sama untuk warna rambut mereka.

Silver shell

A-I-

Silver tabby

A-I-Ta-ticked

Untuk Ta kamu bisa mempunyai TaTa atau Tata, kamu bisa menemukan di kucing Somalia dan kucing Abyssinian

A-I-Tb

Mackerel

Untuk Mc kamu bisa mempunyai McMc atau Mcmc. Untuk T kamu bisa memiliki Ta atau tata

A-I- mcmc

Blotched

 

 

 

Pada kucing silver gen adalah sebuah gen membawa kebanyakan pigmen kekuningan pada warna, dan penyebab dari dasar warna putih yang lengkap. Pada dasarnya gen inhibitor banyak pigmen pada warna. Kemungkinan pengecualian adalah kucing merah perak, yang mana memunculkan beberapa warna oranye.

Silver pada kucing adalah dominan dan dikendalikan oleh gen Inhibitor (I), jadi ketika kucing memiliki genotip heterozigot atau homozigot dominan kucing akan menunjukkan warna silver.

Di kucing, silver adalah sebuah gen yang mengambil warna pigmen kuning  di warna , dan penyebab dasar dari warna putih seluruh. Ada 4 bentuk warna silver pada kucing yaitu silver tabbies, silver berbayang , silver kerang dan terakhir silver smoke.

Diperkirakan bahwa silver tabby , silver berbayang, adan chinchilia pada dasarnya adalah sama, akan tetapi silver smoke berbeda. Mengapa?  Ini alasan silver tabby dan silver berbayang dan silver shell diperkirakan menjadi silver dengan gen agouti gen, dan smokes adalah sillver tanpa gen agouti.

Jadi apa yang membuat silver tabby, chinchilia (juga dikenal sebagai kerang) dan berbayang berbeda. Mereka mempunyai gen yang sama (A) (I). Beberapa peternak kucing percaya bahwa ada beberapa poligen yang mengkontrol warna kucing. Teori mengatakan :

(I)(A) wb/wa = silver tabby

(I) (A) Wb= silver shaded/ chincilia

Wide banding gen (Wb) tidak terbukti ada, tetapi peternak kucing masih percaya. Ini diperkirakan gen dominan. Anehnya, shaded dan shell/chinchilia hampir kebanyakan mempunyai pola tabby yang sama.

Inhibitor gen adalah umum ditemukan pada kucing maine, American shortair dan terutama kucing Persia. Ini akan jarang ditemukan pada kucing liar, tetapi jika di perkenalkan satu ini akan potensial mempungaruhi karena memiliki sifat dominan.


Comments

Popular posts from this blog

Laporan Sel Darah Merah Manusia dan Katak

Tipe Paruh Burung Berdasarkan Fungsinya beserta contohnya

Metode Penelitian Tingkah Laku Hewan