genetika panjang rambut kucing

                                   

  GENETIKA PANJANG RAMBUT KUCING
                           
    Gambar Kucing American shorthair                                 Gambar Kucing Berambut Panjang     


Pernahkah anda melihat kucing berambut panjang dan pendek? Apakah penyebab kucing bisa berambut pendek dan panjang ?
          
Panjang rambut kucing disebabkan oleh gen pada lokus L-l. Rambut kucing yang panjang (l) adalah sifat resesif. Sedangkan kucing yang berambut pendek adalah sifat dominan (L). Jika pada keadaan kucing homozigot dominan (LL) , maka kucing akan menghasilkan rambut yang pendek, sedangkan pada keadaan heterozigot mengakibatkan rambut kucing akan 50 % panjang dan 50 % pendek, sedangkan pada keadaan homozigot dominan akan menghasilkan rambut yang pendek.
       
Kenapa ketika keadaan heterozigot (Ll) menghasilkan 50 % pendek dan dan rambut panjang, sedangkan rambut pendek adalah sifat dominan dan rambut panjang adalah resesif. Jawabannya adalah kodominan. Kodominan adalah suatu keadaan dimana fenotip dominan dan resesif sama-sama terekspresi dalam suatu gen.

Dari diatas dapat kita simpulkan persilangan kucing berambut panjang dapat dihasilkan ketika kucing berambut panjang (hh)  disilangkan dengan kucing berambut panjang (hh) dengan fenotip keturunan rambut panjang 100 %  atau persilangan kucing berambut pendek heterozigot (Hh) dengan kucing berambut pendek heterozigot (Hh)  dengan fenotip keturunan rambut panjang 25 % atau Kucing berambut pendek Heterozigot (Hh) dengan kucing berambut pendek (hh) dengan fenotip keturunan 50 % berambut panjang..


Sumber 
Wright Walter, 1980.

Comments

Popular posts from this blog

Laporan Sel Darah Merah Manusia dan Katak

Tipe Paruh Burung Berdasarkan Fungsinya beserta contohnya

Metode Penelitian Tingkah Laku Hewan