faktor penyebab warna rambut kucing berubah


Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Warna Rambut Kucing


Kamu pernah melihat kucing yang dulunya warnanya hitam, tetapi malah berubah warna menjadi warna hitam kemerah-merahan. Ada beberapa penyebab warna tubuh kucing berubah salah datanya adalah lingkungan.  Dalam blog ini kita akan bahas secara penuh apa yang menyebabkan perubahan warna rambut pada kucing.

Warna pada rambut kucing dipengrauhi oleh dua pigmen yaiti phaeomelanin yang memberikan warna merah sampai kecoklatan dan pigmen eumelanin yang mmberikan warna hitam sampai kecoklatan terhadap rambut kucing. Pigmen hampir semua terdapat pada mamalia dan bertanggung jawab pada warna pada mamalia. Akan tetapi pigmen ini dapat berubah karena suatu alasan. Adapun alasannya kenapa warna rambut kucing berubah adalah sebagai berikut: 

1.Temperature

Kucing Siamese dan Himalayan, dan kucing oriental lainnya, Warna  rambut kucing ditentukan oleh temperature dari kulit mereka. Kulit lebih dingin di Ekstremitas tubuh-kaki, dan telinga atau wajah yang mana ini mengapa mereka mempunyai putih atau warna point pada tubuh. Tetapi temperatur kulit bukan Cuma itu penyebabnya. Temperatur dari lingkungan kucing bisa mempunyai efek yang sama, Ibu dari Siamese bisa mendapatkan warna gelap di bulan musim dingin.


Percobaan terhadap kucing Siamese dilakukan pada tahun 1930. Kucing Siamese dibawa ke Moscow dan diletakkan pada ruangan yang suhu nya tetap di 30 celcius sampai 160 C (sekitar 260 F sampai 600 F). Perbedaan warna ini sangat jelas dengan kucing Siamese di temperatur panas tempat sebelumnya. Ketika kucing Siamese tiba di daerah dingin berubah warnanya menjadi cream, dan akhirnya warna mereka berubah menjadi gelap di daerah yang lebih dingin.


Untuk membuat kepastian bahwa perubahan warna ini karena temperature mereka berhipotesis, bahwa hija mereka membuat sebuah area panas untuk tubuh kucing yang berwarna gelap, kemudian warna kucing tersebut berubah dari warna gelap menjadi warna lebih terang, Tes selanjutnya kucing tersebut dicukur sebagian dan menutupi dengan perban untuk membuat kucing tetap hangat. Ketika rambut mulai tumbuh, rambut kucing berubah menjadi lebih terang daripada rambut dikelilingi warna yang temperature nya dingin.


Perubahan akibat warna ini tergantung temperature dikaitkan dengan mutasi enzim tyronase. Tyronase terlibat di pembuatan melanin yang mana pigmen yang terkait dalam pembuatan mata dan warna dari kucing. Ketika enzim Tyronase bekerja dengan baik pada suhu 370 C atau 980 F, mutasi dari Tyronase terjadi di tubuh ketika suhu ruangan 250C atau 770 F. Temperatur tubuh yang normal pada kucing adalah 38-39 0C atau 101-102 0F. Karana bagian dari tubuh di daerah dingin, Enzim Tyronase bekerja lebih efisien memproduksi banyak pigmen dan warna yang lebih gelap.

2.Cahaya Matahari

Percaya atau tidak,  warna gelap bisa dicuci oleh cahaya matahari. Jika kucingmu berada di luar lingkungan begitu sering atau menghabiskan waktunya berbaring dibawah sinar matahari warnanya akan berubah. 

Gambar kucing berubah warna
                                          


3.Nutrisi  memainkan peranan di warna kucing

Defisiensi dari asam amino tyrosin bisa menyebabkan warna kucing hitam menjadi kemerah-merahan. Tyrosin dibutuhkan untuk membuat melanin, pigmen gelap dari kucing, dan jika kucing tidak cukup mendapatkan asupan tyrosin, warna hitamnya mungkin bisa hilang. Nutrisi lain diisukan seperti defisiensi aluminium dan zinc bisa menyebabkan warna hitam lebih terang. Konsultasikan ke dokter hewan sebelum kamu memberikan kucing suplemen, karena warna rambut kucing juga mengindikasikan hati atau penyakit thyroid.


4. Umur

Kucing yang makin tua , mereka mulai mendapatkan uban seperti manusia  juga. Warna point pada kucing Siamese dan kucing silangan oriental bertambah gelap karena umur. Kucing Siamese lahir dengan warna putih dan kemudian berkembang warna point setelah mereka keluar dari rahim.  




Comments

Popular posts from this blog

Laporan Sel Darah Merah Manusia dan Katak

Tipe Paruh Burung Berdasarkan Fungsinya beserta contohnya

Metode Penelitian Tingkah Laku Hewan