Genetik Kucing Tabby


Pernahkan anda melihat rambut kucing dengan garis-garis ? Kenapa bisa seperti itu? Dalam artikel ini kita akan membahas tentang apa penyebab garis-garis atau yang disebut pola warna pada rambut kucing.

Gambar pola pada kucing

Selain warna pada rambut kucing ada juga disebut dengan pola warna pada kucing. Pola warna ini menyebabkan warna rambut pada kucing membentuk pola-pola tertentu. Penyebab dari pola-pola pada warna rambut kucing adalah gen agouti. Gen agouti dominan terhadap gen warna solid atau tidak berpola. Kalau dalam bentuk genotip yaitu Aa, dimana A adalah gen agouti dan a adalah gen nonagouti yang tidak menyebabkan pola (solid colour).

Pola warna pada kucing terbagi atas 4 yaitu : Mackerel, classic, spotted dan ticked. Pola warna pada spotted belum ditentukan gennya karena para ilmuwan mengira bahwa gen spotted berbeda tempat dengan pola warna yang lainnya. Menurut wright Walter 1980 pola warna spotted atau total adalah satu bentuk mutasi dari gen agouti. 

Pola mackerel mempunyai genotip T adalah dominan, sedangkan Abyssinian (ticked) mempunyai genotip pola warna yang ta dan classic (blotched) memiliki genotip tb. Dari genotip dapat ketahui bahwa pola dominan berturut-turut dari pola warna ticked, mackerel dan klasik (Ta > T > tb) 


Comments

Popular posts from this blog

Laporan Sel Darah Merah Manusia dan Katak

Tipe Paruh Burung Berdasarkan Fungsinya beserta contohnya

Metode Penelitian Tingkah Laku Hewan