ordo Lepidoptera

                                                         Ordo Lepidoptera
                                     
                                                  
Gambar Metamorfosis kupu kupu


            Lepidoptera berasal dari kata levis=sisik dan ptern =sayap. Jadi secara etimologi d apa diartikan hewan yang mempunyai syap bersisik.tLepidoptera biasanya kupu=kupu  atau ngengat. Kupu–kupu aktif siang hari dan ngengat malam hari . Adapun ciri cri dari Ordo Lepidoptera adalah sebagai berikut :
1.Tipe mulut menghisap (probosis) pada dewasa.
2.Mempunyai sayap 2 pasang yang bersisik.

                      
                                                             gambar sisik Lepidoptera
3.Metamorfosis sempurna
                   


Gambar tipe antena Lepidoptera

       Taksonomi Lepidoptera
            Ordo ini dibagi atas 2 subordo :
1.Subordo Yugatae
            Kedua sayap depan dan belakang dihubungkan dengan yugum.Yugun berbenti seperti kait (tajuk pada bagian dasar dari sayap depan dan menjorok kebagian bawah sayap belakang.
            Subordo termasuk dalam ordo yang primitf, dimana imagonya tipe menggit dan ini merupakan penyimpangan dari Lepidoptera pada umumnya. Contoh Family Micropterygidae.
            Di Indonesia ada satu familia yang merupakan hama yaitu hepipidae, dimana ulatnya sebagai penggerek akar dan batang. Contoh genus nya yaitu Phassus.
                                     
Gambar spesies Phassus

2.Subordo Frenatae
            Sub ordo frenatae memili organ yang berupa sekelompok rambut kasar yang menjulur ke depan pada pangkal sayap belakang di bagian depannya yang disebut dengan frenulum.
            Sub ordo ini terdiri dari family sebagai berikut :
a.Famili Cossidae
            Famili ini merupakan penggerek dari batang dan cabang pada bermacam-macam tanaman. Contoh, Cossus subfuscus, penggerek pada kulit sekunder  dari pohon petai dan Phragmatoccia parvipunat, penggerek pada tebu.
                                   
Gambar Cossus vandeldeni
b.Famili Plutellidae
            Plutella macullipennis, ulat berwarna hijau , makan bagian bawah daun pada tanaman kubis dan bekas serangannya pada daun kubis kelihatan seperti jendela putih tidak teratur.
   
Dyarthyptica sp

c.Famili Pyralidae
            Schonobius bifunctife, penggerek kuning batang padi biasanya dikenal dengan nama hama sundep/bulek. Scirchophaga innonata penggerek putih pada batang padi.
                     
d.Famili Zyganidae
            Ukurannya ulatnya kecil, kerap kali warnanya mencolok.  Pada badan terdapat bintik-bintik, menyukai daun yang pertumbuhannya telah selesai dan kaku. Biasa hidup pada pohon-pohon tinggi yang termasuk monokotil (kelapa dan bamboo). Contoh Artona cartoxantha dan artona trisignata (pada zingiberaceae).
                                     
                   
e.Familia Psychidae
            Ulat membuat kantung untuk berlindung. Seluruh tubuh ulat terbungkus atau terlindung dalam kantung. Untuk aktivitas hidupnya hanya mengeluarkan kepala dari bagian depan thoraks yang dikeluarkan.
                         
f.Family Bombicidae
            Family bombicidae, mempunyai kepompong berwarna putih yang merupakan bahan mentah dari sutera. Ulat memiliki ciri pada ujung abdomennya ada semacam tanduk. Contoh Bombyx mori.
                                     
Gambar Bombyx moriii
h.Famili Saturniidae
            Merupakan kupu-kupu berukuran besar. Ulat sutera di india termasuk familia ini. Ada jenis ulat yang bisa menggunduli pohon. Kepompongnya punya rumah kepompong. Contoh : Atlacua atlas(kupu-kupu gajah).
                                       
Gambar kupu-kupu gajah
i.Famili Sphingdae
            Ulatnya mudah dikenal karena pada ujung tombak terdapat embelan berupa tanduk. Ada beberapa jenis yang membentuk kepompong secara khas di amana kepala mempunyai belalai.Bentuk dewasa merupakan ciri khas bagian depan lancip (sempit) dan panjang, badan stereanline. Bentuk seperti pesawat jet dengan sayap berbentuk segitiga. kupu-kupu Sphingidae dapat terbang dengan cepat.
                                     
j. Famili Papolionidae
            Famili Papilionidae terkenal dengan ukurannya yang besar, indah, warnanya dan adanya polimorfi (bentuk Morfologi yang bermacam-macam).
            Ulat ukurannya pendek gemuk dan menempel pada daun. Contoh Papilio memnon.
                                         
Gambar Papilio memnon
k.Famili Danaidae
            Ulat dan anggota Danaidae punya tonjolan berupa tentakel tetapi tak bermabut . Kepompong bewarna hijau, mengkilap keemas-emassan. Tidak memiliki kokon. Kupu-kupu dewasa mempunyai kelenjar bau. Kaki depan sangat kecil tanpa cakar dan tidak digunakan untuk berjalan.
Contoh Danaus plexippus.

                                 
                                       

                                         
l. Familia Nymphalidae
            Kaki depan sangat tereduksi, tanpa cakra,sebgain dimasukkan familia Danaidae. Nama umum dari familia ini merujuk pada faktabahwa tungkai-tungkai depan sangat menyusut dan tidak ada cakar dan hanya tungkai-tungkai tengah dan belakang yang dipakai untuk berjalan. Famili Nymphalidae terdir atas Sembilan subfamilia.
Salah satu subfamilia nymphalidae adalah kupu-kupu helikonia (Heliconius charitonius).
                                 

m. Famili Pleridae
            Merupakan kupu-kupu putih dan kuning dan kupu-kupu ini biasanya menarik perhatian karena terbang dalam kelompok dan berjumlah  banyak.
                     

n.Famili Hesperidae
            Ulat dan kupu-kupu memiliki bentukyang khas Ulat berbentuk langsing. Bentuk dewasa berupa kupu-kupu berbadan pendek, kepala lebar, antenna bentuk khas dimana ujungnya menebal, membengkok dan meruncing. Kupu-kupu berwarna sawo matang dan kunig mas dan pada sayap terdapat jendela. Aktif sore hari, terbang ig-zzag sehingga disebut skippers. Penyebaran di daerah tropis.
Contoh :Eritonia thrax (Ulat dalam gulungan pisang).
                                     

Comments

Popular posts from this blog

Laporan Sel Darah Merah Manusia dan Katak

Tipe Paruh Burung Berdasarkan Fungsinya beserta contohnya

Metode Penelitian Tingkah Laku Hewan