genetik pada kucing tortoise

                                                                    
                                             

Gambar kucing tortoise shell

Kucing Toroiseshell berasal dari kata Tortoise yang berarti kura kura dan shell yang berarti cangkang. Jika diartikan secara etimologi artinya adalah cangkang kura-kura. Warna ini merupakan warna oranye dan hitam pada tubuh kucing tortoise. Kenapa dua warna bisa terdapat pada kucing ? Hal ini disebabkan oleh genetika. Genetika yang berkaitan disebabkan alel yang mengatur warna hitam (Lokus B) dan warna oranye (Lokus O) yang terpaut kromosom seks yang mengalami interaksi antar gen.

Alel warna pada kucing terletak pada warna terpaut pada Kromosom kelamin X. Warna dominan pada kucing pada lokus O (kromosom X) yaitu warna oranye (merah) dan warna resesifnya yaitu warna hitam, keduanya terletak pada kromosom X. Genotip untuk warna Oranye XO dan untuk warna hitam adalah Xo. 

Pada betina terdiri dari 2 kromosom X yaitu “XX” dan jantan terdiri dari satu kromosom X yaitu “XY”. Sehingga pada jantan biasanya terdapat satu warna dirinya. Pada umumnya kucing tortoise adalah berkelamin betina karena kromosom XX membawa sifat oranye dan hitam. Akan tetapi pada satu hal bisa kejadian bahwa kucing tortoise adalah jantan. Jika terjadi mutasi pada kromosomnya menjadi XXY atau sindrom klinefelter pada manusia.

Dari pernyataan diatas kita pasti bingung, kenapa bisa kromosom seks X terekspresi kedua-duanya (warna hitam dan oranye) ? Sedangkan warna oranye dominan terhadap hitam. Aturannya dalam genetika harusnya hanya satu warna yang terekspresi yaitu warna oranye.

Jawabannya adalah peristiwa kodominan. Peristiwa kodominan adalah konsep genetik dimana gen dominan tidak menutupi sifat resesif (kedua gen terekspresi). Hal ini merupakan bagian dari penyimpangan semu hukum Mendel. 

Daripada loe bingung dengan konsep diatas langsung aja kita bahas pada praktik di kehidupan sehari-hari. Yaitu bagaimana menghasilkan kucing tortoise.

Bagaimana kita menghasilkan kucing Tortoise ?
Pertanyaan selanjutnya apakah kita bisa menghasilkan kucing tortoise? Jawabannya adalah bisa. Yaitu dengan melakukan perkawinan antar kucing. Berikut ini adalah salah satu contoh nyata hasil perkawinan kucing yang menghasilkan kucing Tortoise shell secara genetika:

Persilangan kucing jantan merah (oranye) dengan betina hitam.

P1                      XoY   x   XOXO
         Jantan merah        Betina hitam

G1                      X0                 XO
                                Y

F1        XOXo  
               XOY   

Anak kucing yang dihasilkan dari perkawinan kucing jantan merah dengan betina hitam adalah anak kucing betina warna tortoise (XOXo) dan anak kucing jantan oranye (XOY).

Untuk persilangan kucing yang dapat menghasilkan kucing tortoise dapat kita lihat pada gambar dibawah ini. (Keterangan sire=induk jantan, DAM= induk betina, male kitten = anak kucing jantan, female kitten anak kucing betina).
                 
                                
Gambar perkawinan kucing jantan hitam dan betina oranye

Selain dari perkawinan diatas masih banyak dapat menghasilkan anak kucing tortoise yaitu perkawinan induk jantan berwarna merah dengan induk betina berwarna hitam. Kedua perkawinan yang diatas memiliki persentase kelahirannya tinggi meskipun perkawinan lainnya seperti perkawinan induk jantan warna kuning putih dengan induk betina hitam dapat menghasilkan kucing berwarna tortoise (persentase sangat rendah).

Apakah genetika kucing Tortoise sama  kucing Calico?
Pertanyaan selanjutnya apa sih perbedaan genetika antara kucing calico (tiga warna) dan tortoise. Seperti kita ketahui calico adalah tiga warna yaitu hitam, oranye dan putih sedangkan tortoise dua warna hitam dan oranye. Yang membedakan mereka ada tidaknya warna putih. 

Sebenarnya secara genetik mereka hampir sama karena memiliki genotip sama pada kromosom X. Yang membedakannya adalah gen warna putih pada lokus Ss. Pada kucing tortoise dia memiliki genotip alel ss yaitu tidak mengekspresikan warna putih(warna putih tidak ada) sedangkan kucing calico memiliki genotip Ss (warna putih lebih kecil dari 50% warna tubuh) dan genotip SS ( warna putih memiliki warna lebih dari 50 % warna tubuh). 

Kenapa Tortoise umumnya betina?
Jawabannya kembali pada konsep pertama yaitu karna warna hitam dan oranye terpaut pada kromosom seks X. Jadi kromosom seks X membawa dua sifat yaitu warna hitam dan warna. Jadi kucing jantan sangat jarang berwarna tortoise, kalaupun ada itu sangat jarang karena itu merupakan kelainan atau syndrom Klinefelter. Umumnya anak kucing jantan tortoise akan dibunuh induknya karena memiliki imunitas yang lemah dan fertil.

Comments

Popular posts from this blog

Laporan Sel Darah Merah Manusia dan Katak

Tipe Paruh Burung Berdasarkan Fungsinya beserta contohnya

Metode Penelitian Tingkah Laku Hewan