Genetika Kucing Calico

                                  
GENETIKA KUCING  CALICO




Pernahkah anda mendengar tentang kucing calico, Kucing calico atau kucing talon adalah  kucing yang mempunyai tiga warna pada rambutnya. Warna rambut tersebut adalah warna putih, oranye dan warna hitam. Kenapa kucing Calico memiliki tiga warna? Kenapa kucing calico umumnya kucing betina? Berikut kita akan bahas selengkapnya dalam blog ini.
                            

Genetika Kucing Calico
Alasan dibalik terjadinya warna kucing calico adalah peristiwa kodominan. Kodominan adalah salah satu interaksi antara gen yang menyebabkan ekspresi kedua alel heterozigot terekspresi bersama, artinya biasanya dalam Hukum mendel sifat dominan akan menutupi sifat resesif tetapi  dalam kasus kodominan gen dominan tidak dapat menutupi sifat resesif. Dalam kasus kucing calico gen dominan yaitu Gen yang memberi  warna oranye tidak dapat menutupi gen yang memberi warna hitam meskipun dalam satu lokus.

Pada Mamalia , kelamin ditentukan oleh dua kromosom, yang dikenal sebagai kromosom X dan Y. Sedangkan gen lainnya adalah gen Autosom (tubuh). Pada mamalia betina memiliki dua kromosom X (XX), sedangkan jantan memiliki kromosom X dan Y (XY). Gen kromosom seks X hanya bisa membawa satu warna yaitu hitam atau oranye, sedangkan Gen Y tidak dapat mengangkut salah satu warna dari alel ini. Keadaaan ini disebut dengan Hemizygosity yaitu kondisi genetik dimana hanya terdapat satu salinan gen dalam genetik. 
  
Gen warna rambut pada kucing terpaut pada kromosom kelamin X. Pada Gen X membawa dua warna dominan yaitu itu warna oranye dan hitam. Oranye adalah warna dominan, sedangkan warna hitam adalah resesif.
          
Kromosom kelamin betina kucing terdiri dari XX sedangkan kromosom jantan terdiri dari kromosom XY. Sedangkan warna putih adalah kondisi Piebald dimana warna kedua tadi tidak terpigmentasi dengan sempurna kondisi piebald diakibatkan keadaan gen pada lokus S.
            
Bagaimana kita menghasilkan kucing calico ?
Contoh ilustrasi Persilangan kucing jantan warna orange dan betina hitam :

P1   Jantan Hitam                              Betina orange

G1             X0Y                 x                       XO XO
                         X0                                                     XO         
                          Y                                                       XO         

F1        :         XOX   =  Betina warna tortoise /calico
                           XOY   =  Jantan warna orange

Berikut Ilustrasi Persilangan kucing calico :
                           
       

Kenapa calico umumnya kucing Betina
Seperti kita ketahui bahwa gen pembawa warna oranye terletak pada kromosom X. Sedangkan jantan  memiliki kromosom XY, Jadi jantan tidak dapat berwarna calico. Akan tetapi ada suatu kondisi kucing jantan calico. Kucing jantan calico ini disebabkan mutasi, mutasi ini menyebabkan kromosom jantan menjadi XXY. Pada manusia keadaan ini disebut sindrom Klinefelter. Akan tetapi kemungkinan kucing jantan calico sangat kecil dan pada umumnya steril serta imunitasnya lemah.

Kucing Calico Jantan
Kucing calico jantan disebabkan karena kelainan kromosom. Kucing calico jantan memiliki kromosom  XOX0Y. Keadaan ini disebut dengan sindrom klinefelter. Dimana kucing jantan tersebut memiliki dua kromosom X yang mengangkut warna oranye dan warna hitam, sedangkan warna putih diakibatkan oleh gen piebald yang menyebabkan warna putih pada kucing.

Apakah kucing calico mempunyai tabby atau corak? 
Jawabannya adalah iya . Menurut wright and Walter,1980 kucing calico dapat memiliki tabby dengan karena interaksi antar gen, ini biasanya pada warna merah pada kucing tersebut. 


Sumber : UNDERSTANDING THE BASIC GENETICS OF CAT COLORS
Wright and Walter 1980, The book of the cat. 
       

Comments

Popular posts from this blog

Laporan Sel Darah Merah Manusia dan Katak

Tipe Paruh Burung Berdasarkan Fungsinya beserta contohnya

Metode Penelitian Tingkah Laku Hewan