Perbedaan Phitoplankton dan Zooplankton

         


Hai guys kembali dengan staric. Hari ini kita akan membahas tentang perbedaan Fitoplankton dan Zooplankton. Tentunya kalian mengingat dengan karakter plankton pada kartun spongebob. Apakah karakter Plankton masuk dalam Fitoplankton atau Zooplankton ?

Defenisi  Fitoplankton dan Zooplankton


Fitoplankton
80 persen oksigen di dunia ini diproduksi oleh Fitoplankton. Hal ini menunjukkan betapa fundamentalnya kegunaan Fitoplankton terhadap kehidupan di bumi. Fitoplankton secara etimologi berasal dari bahasa yunani yaitu Phytos yang artinya tumbuhan dan plankton yang artinya berkeliaran. Di laut dan air yang bersih phytoplankton berfungsi sebagai produsen. Fitoplankton ditemukan di permukaan lapisan air, karena dia membutuhkan cahaya matahari untuk melakukan fotosintesis. Fitoplankton hanya dapat diamati di bawah mikroskop karena ukurannya yang sangat kecil.

Gambar fitoplankton


Zooplankton 
Zooplankton berasal dari bahasa yunani zoos yang artinya hewan dan planktos yang artinya berkeliaran. Zooplankton adalah organisme heterotrofik yang memangsa Fitoplankton. Jadi kedudukan Zooplankton disini adalah sebagai konsumen pertama. Zooplankton dibagi atas dua yaitu holoplankton dan meroplankton. Holoplankton adalah organisme yang menghabiskan seluruh siklus hidupnya menjadi plankton. Meroplankton adalah zooplankton yang sebagian hidupnya menghabiskan sebagai plankton dan sebagian laginya menjadi benthik dan nekton.
        
Gambar Zooplankton
 

Perbedaan Zooplankton dan dan Fitoplankton ?

Untuk memahami perbedaaan fitoplankton dan Zooplankton dapat dibedakan melalui tabel sebagai berikut :
        

Comments

Popular posts from this blog

Laporan Sel Darah Merah Manusia dan Katak

Tipe Paruh Burung Berdasarkan Fungsinya beserta contohnya

Metode Penelitian Tingkah Laku Hewan