SOAL DAN PEMBAHASAN PERILAKU HEWAN

                                                                 


TUGAS UAS PERILAKU HEWAN

1. Jelaskan bagaimana perilaku hewan dapat diukur dan diinterprestasikan oleh para ahli perilaku hewan !

Perilaku hewan dapat terukur dan diinterprentasikan dengan melalui pengamatan perilakunya. Seberapa banyak perilaku yang dilakukan tersebut bisa disebut dengan frekuensi perilaku. Frekuensi Perilaku ini dapat dinyatakan dalam persentase sehingga dapat terukur perilaku mana yang dominan dilakukan oleh hewan tersebut. Kemudian pemberian stimulus seberapa sering juga merupakan suatu yang dapat terukur. Intinya perilaku hewan dapat terukur apabila berupa dalam data kuantitatif.

2. Jelaskan 1 metode penelitian Etologi! Berikan Contoh! *

Focal Sampling Sampling adalah teknik pengambilan sampel yang berfokus pada satu individu atau unit (misalnya 1 keluarga, 1 pasangan, atau satu atau sejumlah individu) yang diamati untuk jangka waktu tertentu dalam pengamatan tingkah laku. Hewan fokus (unit) dipilih (secara acak) sebelum pengamatan, atau dipilih berdasarkan alas an tertentu (purposive). Misalnya metode ini dilakukan dalam 15 menit terhadap 4 individu anjing tertentu di suatu kelompok yang sudah  ditentukan sebelumnya.
0.38 running / hr
0.15 sitting / hr
0.28 walking / hr
0.13 lying / hr
0.04 drinking / hr
0.04 jumping / hr

3. Jelaskan bagaimana perilaku hewan dapat mempengaruhi perilaku manusia! *

Perilaku dipengaruhi oleh genetik dan lingkungan. Hewan lahir dengan sistem syaraf sebagai bagian dari struktur yang diwariskan. Insting berkembang secara bertahap dan sejalan dengan perkembangan struktur, dan seleksi alam memodifikasinya untuk mencocokan dengan lingkungan melalui cara terbaik. Hal ini adalah salah jenis “Species Memory” yang diterus diwariskan kepada generasi berikutnya. Pada kasus perilaku hewan dapat mempengaruhi  perilaku manusia diakibatkan oleh  interaksi dan proses belajar. Manusia lahir tanpa adanya kemampuan untuk merespon tetapi sesungguhnya memiliki kemampuan dengan cara yang sangat menakjubkan untuk memodifikasi tingkah lakunya melalui pengalamannya (belajar).

Manusia belajar melalui respon yang memberikan hasil terbaik dan merubah tingkah lakunya tersebut.Instink dan Proses belajar adalah tingkah laku yang adaptif yang terbentuk melalui seleksi selama sejarah species, dan akhirnya juga termasuk sejarah individu dalam populasi.

4. Jelaskan secara singkat hasil mini-project perilaku hewan kelompok saudara! *
Aktivitas ayam kampung (Galus galus domestica) tertinggi ada pada tingkah laku mencari makan serta makan dan minum dengan presentase 11.6% pada pagi hari dan 10.9% pada siang hari. Presentase aktivitas terendah terdapat pada tingkah laku reproduksi dan bermain yakni 0% pada pagi dan siang hari.

5. Pesan dan Kesan untuk MK. Perilaku Hewan
Pesan : Untuk mata pelajaran perilaku hewan sebaiknya pelajarannya lebih runtut. Mata kuliahnya menarik dan menambah wawasan dalam perilaku hewan sehingga berguna dalam domestifikasi dan peternakan .

Comments

Popular posts from this blog

Laporan Sel Darah Merah Manusia dan Katak

Tipe Paruh Burung Berdasarkan Fungsinya beserta contohnya

Metode Penelitian Tingkah Laku Hewan